Systematic Literature Review (SLR): Descriptive Analysis of Augmented Reality Learning Media on Mathematical Building Materials

Rizka Fauziah, Zulfa Yustiananda

Abstract


Learning media technology that is suitable for elementary school students is in the form of visualization objects called Augmented Reality (AR) technology.  Augmented Reality learning media is a learning media that combines the real world and the visual world, in the form of audio, 3D, which can see everything as if in a real form. The research method used by the author is Systematic Literature Review (SLR) whose data sources can be taken through scientific publications starting from 2018-2022. The results of this study are the average score of six journals, which is 85.46%. The highest original percentage value is in research that has been conducted by Mamluatul Husnia in 2020, and Fajar Dwi Mukti in 2019. The average results of these six journals had good results. This means that the Augmented Reality application is very well implemented in elementary school students, especially the subject of mathematics.


References


MATEMATIKA BANGUN RUANG SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY. Jurnal SIMETRIS, Vol. 11 No. 1. Diakses 19 Desember 2022.

Lestari, Indah Dwi. 2021. Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality. Universitas Palangkaraya.

Saputri, Sheila. 2020. Implementasi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang Dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer Volume 9, Nomor 1.

Supriyono. 2018. PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar Volume II, Nomor 1.

Yuliasari, Hesti. 2020. SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KOMITMEN DAN

KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KADER PUSKESMAS. JURNAL

PSIKOLOGI JAMBI VOLUME 05, NO. 02.

Bagus, Khrisna Huda. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android

Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal

Pendidikan Matematika dan Sains, VI (1).

Sari, Rodiana Wifia. 2019. PERKEMBANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI

MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING Seminar

Nasional Sains Lingkungan dan Pendidikan Ke-VI.

Mubarok, Zaki. 2019. PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI

PEMBELAJARAN BANGUN RUANG 3D BERBASIS ANDROID DENGAN

MEMANFAATKAN AUGMENTED REALITY. Ubiquitous: Computers and its

Applications Journal ISSN 2622-7983 online Volume 2, Nomor 1.

Larasati, Nur Indah. 2021. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS

AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN

MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. FIBONACCI :

Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 7 No. 1.

Rozi, Fahrur. 2021. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN

BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA

PELAJARAN MATEMATIKA. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran

Informatika) Volume 06, Nomor 02.

Rusnandi, Enang. 2022. Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan

Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar.

Infotech Journal.

Husna, Asmaul. 2020. RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN

BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA UPT

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SABBANG. UNIVERSITAS

COKROAMINOTO PALOPO.

Husnia, Mamluatul. 2022. AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA

PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN

METODE SINGLE MARKER PADA ANAK MI WASILATUL HUDA

BOJONEGORO. Universitas Ngudi Waluyo.

Lestari, Indah Dwi. 2021. Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality.

Universitas Palangkaraya.

Sungkono, Sugeng. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 11, Nomor 3.

Mukti, Fajar Dwi. 2019. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

AUGMENTED REALITY (AR) DI KELAS V MI WAHID HASYIM.

Elementary Vol. 7 No. 2.

Pramono, Anang. 2019. Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran

Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF, Vol.3 No.1.

Listiawan, Tomi. 2021. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis

augmented reality (AR) pada materi transformasi geometri. JP2M (Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) 7 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ