Cara Cepat Menjaring Cerpen Siswa dengan Tarim melalui Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5RA)

Muttaqillah Muttaqillah

Abstract


Latar yang menyebabkan lahirnya tulisan ini adalah jarangnya karya siswa yang terpublikasi, disebabkan karena tidak terkumpulnya karya siswa. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana menjaring cerpen dengan Tarim? (2) Bagaimana pemanfaatan google form dalam menjaring cerpen dengan Tarim? (3) Bagaiman hasil penjaringan cerpen dengan Tarim? Tujuan penulisan best practice ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Cara menjaring cerpen dengan Tarim. (2) Pemanfaatan google form dalam menjaring cerpen dengan Tarim. (3) Mendapatkan hasil penjaringan cerpen dengan Tarim. Jadi melalui Tarim yang di dalamnya melibatkan aplikasi Google Formulir  tujuannya adalah akan memudahkan guru mengumpulkan karya siswa berupa cerpen secara cepat. Penulis menggunakan metode eksperimen untuk menghasilkan sebuah karya siswa yang ternyata hasilnya memuaskan. Penelitian ini menghasilkan karya siswa yang berupa buku cetak, daring, dan digital. Semoga apa yang penulis lakukan bermanfaat bagi semua.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2022, November 15). Mengupas Cerpen: Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur & Analisis | Bahasa Indonesia Kelas 11. Retrieved from Ruang Guru: https://www.ruangguru.com/blog/apa-itu-cerpen

Badriyah, S. (2023, Oktober 8). Unsur-unsur Intrinsik Cerpen. Retrieved from gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/unsur-intrinsik-cerpen/

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Fiska, R. (2023, Oktober 8). Gramedia. Retrieved from Ciri-ciri Cerpen Secara Umum dan dari Berbagai Sisi: https://www.gramedia.com/literasi/ciri-ciri-cerpen/

Kinasih, T. (2023, Maret 23). Cara Menulis Cerpen Bagi Pemula Agar Menarik untuk Dibaca. Retrieved from kuncie: https://www.kuncie.com/posts/cara-menulis-cerpen/

Kristina. (2021, Mei 9). Ciri-ciri Cerpen dan Unsur Instriknya yang Perlu Diketahui. Retrieved from detik.com: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5563416/ciri-ciri-cerpen-dan-unsur-instriknya-yang-perlu-diketahui

Muttaqillah, A. (2023). Perbandingan Menyimak Lisan dan Tulisan Melalui GF. Pena Literasi, 3.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pahlephi, R. D. (2022, November 26). Memahami Unsur Ekstrinsik dalam Cerpen, Ciri, Serta Contohnya. Retrieved from detik.com: detik.com: https://www.detik.com/bali/berita/d-6426908/memahami-unsur-ekstrinsik-dalam-cerpen-ciri-serta-contohnya

Ramdani, M. A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Soemardjo, D. (2007). Catatan Kecil Tentang Menulis cerpen. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Syahira, S. (2023, Juli 29). Cerpen: Pengertian, Ciri, Bentuk, Macam dan Contohnya. Retrieved from umsu.ac.id: https://umsu.ac.id/berita/cerpen-pengertian-ciri-bentuk-macam-dan-contohnya/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ