Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara di SD

Aulia Maudy Hasnaning Afifa, Sonia Safa Diandra, Galih Istiningsih

Abstract


Artikel konseptual ini bertujuan untuk mengkaji tentang Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara pada tingkat satuan pendidikan khususnya sekolah dasar yang masih banyak mengalami berbagai masalah maupun hambatan, tercermin dari berbagai konflik yang terjadi antara kepala sekolah dengan guru maupun warga sekolah. Kepala sekolah di tingkat satuan sekolah dasar dalam melaksanakan tugasnya memimpin agenda peningkatan kedisiplinan pegawai (guru) hanya mengacu pada tingkat presensi maupun capaian prestasi saja, tanpa memperhatikan kesulitan yang dialami guru dalam mencapai target yang telah diberikan. Oleh karena itu, konsep Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara menjadi salah satu jawaban mendasar untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada serta menciptakan iklim yang kondusif di sekolah dasar; Sebab, konsep “Tut Wuri Handayani” (di belakang memberi bimbingan-momong) dan “Ing Madyo Mangun Karso” (di tengah memberi semangat-among) tidak akan berjalan optimal bila tanpa ada “Ing Ngarso Sung Tulodho”, yaitu pemimpin (pamong) yang bertindak sebagai contoh bagi anggotanya. Memberi contoh, ngemong, tidak hanya dilihat dari kemampuan saja, melainkan juga secara etika dan moral


Full Text:

PDF

References


Adair, J. (2008). Kepemimpinan yang Memotivasi (Leadership and Motivation). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Boentarsono, Ki B. (2012). Taman Siswa: Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Aditya Media.

Istiningsih, G., & Dharma,D.S.A (2023). Indigensasi Kawruh Ki Ageng Suryomentaram dalam Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2). https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6568

Katono, K. (2005). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press.

Lambert, L. (2005). Leadership for Lasting Reform. How Schools Improve, 62(5), 62-65.

Prawiro, M. (2020). Pengertian Kepemimpinan: Tujuan, Fungsi, dan Gaya Kepemimpinan, Diterima dari https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertiankepemimpinan.html.

Seni, O. S. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kateketik, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Sentono, T. (2019). Pengembangan Model Kepemimpinan Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Klaten: Citta Gracia.

Sunardi, S., Nugroho, P. J., & Setiawan, S. (2019). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.37304/eej.v1i1.1548

Suryamiharjo. (1986). Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa Dalam Sejarah Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan.

Widyantoro, B. D., Purwoatmodjo, D., Ni’mah, T., Utomo, S., & Hariyadi, A. (2023). Trilogi Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara. Equity In Education Journal, 5(1), 80–87. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8254


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ