Analisis Peran Guru pada Pembelajaran Matematika dengan Metode Fun Learning di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Madani

Radha Aprilia, Linda Astriani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang dituntut untuk menciptakan suasana yang membuat siswa aktif dan senang mengikuti proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknis analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpualan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai fasilitator pada pembelajaran matematika menggunakan metode fun learning. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu empat guru matematika di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Madani pada bulan November sampai bulan Desember 2023. Hasil dari penelitian adalah Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran matematika dengan metode fun learning di SDIT Permata Madani yaitu sudah cukup baik. Terbukti dari para guru yang telah melaksanakan perannya dengan baik sebagai fasilitator konten dan juga fasilitator proses. Guru-guru telah memahami aspek-aspek peranan guru sebagai fasilitator pada pembelajaran, sehingga guru mampu memberikan pembelajaran matematika yang menyenangkan di SDIT Permata Madani.

Full Text:

PDF

References


Alwahidi A., dkk. (2021). Optimalisasi Minat Belajar Dengan Metode Fun Learning Pada Era New Normal Di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur”. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 120-123.

Buan, Yohana. (2020). “Guru dan Pendidikan Karakter”. Penerbit: CV. Adanu Abimata. Indramayu: Jawa Barat.

Izzudin, Ahmad. (2021). “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar”. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 45-63.

Manullang. (2019). “Pengaruh Habits of Mind Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Mawardi, Pitalis. (2020). “Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan Best Practices. CV. Penerbit Qiara Media. Jawa Timur.

Rodiah, Siti. (2019). “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender”. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. 3(1), 1-8.

Salahuddin. (2016). “Pengaruh Penggunaan Media Work Sheet Pada Pembelajaran Ekonomi dalam Meningkatkan Proses dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri Bolo”. Jurnal Pendidikan Mandala, Vol.1, 113-129.

Samsudin, Arfandi. (2021). “Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator dan Komunikator dalam Kegiatan Mengajar Mengajar”. Jurnal edupedia, 5(2), 125-132.

Setiawan, Yohana. (2020). “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik”. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1),12-21.

Siagian, Muhammad Daut. (2016). “Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika”. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.

Wiratma. (2016). “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39-54.

Wiyanto. (2017). “Pendekatan Saintifik Pada Perkuliahan dengan Sistem E-Learning”. Jurnal Integralistik, XXVIII(2), 217-229.

Yohamintin. (2023). “Buku Ajar Etika Profesi Guru”. Penerbit: Indonesia Emas Group. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ