Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Amelia Tripuspa, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Pengenalan angka pada anak usia dini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, bameningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan finger painting di KB TK Labschool FIP UMJ. Keterampilan motorik halus adalah kemampuan yang melibatkan koordinasi otot kecil, seperti tangan dan jari, yang penting untuk perkembangan fisik dan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. kegiatan finger painting efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB TK Labschool FIP UMJ. Kegiatan ini tidak hanya membantu anak dalam mengembangkan kemampuan motorik halus, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk8 mengekspresikan kreativitas dan meningkatkan kepercayaan diri. Rekomendasi untuk guru dan orang tua adalah untuk terus mendukung dan menyediakan berbagai aktivitas yang merangsang perkembangan motorik halus anak, serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan aman.

Full Text:

PDF

References


A. Rudiyanto, Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Lampung : Darussalam, 2016.

D. Anggraini, “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Finger Painting PadaAnak Kelompok B di Taman Kanak – Kanak Raudhatul Aneli Sukabumi Bandar Lampung”, J. Skripsi, 2018.

Danim dan Sudarwan, Pengantar Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2010.

Husdarta dan K. Nurlan, Perkembangan Peserta Didik. Alfabeta, 2010.

Listyowati, dkk, Finger Painting. Jakarta : Erlangga, 2014.

Maghfiroh, “Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK Sartika Sumurgenuk Kecamatan Babat Lamongan”,J. Ilmiah Kesehatan, 2017.

Pamadhi dan H. Sukardi, Seni Keterampilan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka, 2010.

R. Devi, “Finger Painting sebagai Metode Pengembangan Kemampuan Motorik Halus pada Kelompok B di RA LPII Sawotratap Gedangan”. J. Skripsi. Montolalu, Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka, 2009.

Sujiono dan Bambang, Metode Pengembangan Fisik, Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2012.

U. Muslimah, “Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Finger Painting pada Anak Kelompok B BA Aisyiyah Y Tegal Sepur Klaten Tengah,” J. Skripsi, 2014.

W. Dwi dan A. Wulan, Perkembangan Fisik Motorik dan Bahasa. Susakarta : Qinant, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ