Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal pada Anak Usia 3 – 4 Tahun melalui Media Flash Card Huruf

Linda Maulidia Suyono, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh kesulitan anak usia 3-4 tahun di KB TK LABSCHOOL FIP UMJ dalam mengenal lima huruf vokal yaitu seringkali anak merasa kesulitan dalam menyebutkan dan membedakan huruf vokal seperti huruf “e”, “u”, dan huruf “o”. Sedangkan huruf yang selalu di ingat oleh anak adalah huruf “i” dan huruf “a”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penggunaan media Flash card huruf dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal lima huruf vokal pada anak usia 3-4 tahun dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lima huruf vokal setelah penggunaan media flash card pada anak usia 3-4 tahun di KB TK LABSCHOOL FIP UMJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumetasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan media flash card huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak terbukti berkembang dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia,.

Hanum, R. P. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 54.

Junaidi. (2019). Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan baru, menciptakan motivasi dan rangsangan dalam kegiatan belajar, bahkan memberikan dampak psikologis bagi siswa. Diklat Review ; Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan.

Mulyana. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini . Jurnal Paud Agamedia, 76.

Risa Anggita, d. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak dalam. JURNAL OBSESI, 5921.

Santrock, J. W. (2012). Life Sapn Development - Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketiga Belas Jilid 1. ERLANGGA.

Sutrisno, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat UMJ, 2.

Yulika Eka Salnita, d. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ