Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Kegiatan Bermain Balok pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di TK Lab School FIP UMJ
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal geometri melalui kegiatan permainan balok di TK Lab School FIP UMJ, Cirendeu, Tangerang Selatan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok A3 yang berjumlah 11 orang. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri setelah pembelajaran dengan media balok. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak adalah guru mempersiapkan media berupa balok susun.References
Dewi, E. Y. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 32-45.
Hasanah, L., Shinta, A. (2019). Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun. JECE (Journal of Early Childhood Education), 45-52. doi:https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.12873
Jummiati, Istri, K., Destri, W. (2023). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Geometri Melalui Permainan Balok Geometri Berpasangan di TK Taratak Minang Pasaman Barat Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tuntas, 1(4), 330-336.
Rosmiati, A., Asep, M., Tetin, N. (2021). Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Geometri Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Nurul Rabi'ah Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 2(1).
Suhesti, Azizah, A., Alla, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok TK Melati Kab. Tanah Laut Kelimantan Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 389-396.
Yuliandari, A., Erni, H., Erni, Y. (2021). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Menggunakan Media Balok Susun Pada Kelompok A TK Masyithoh Al Futuh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, (pp. 256-262).