Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas 3.2 SD LAB School FIP UMJ

Fitria Rosmi, Fadhia Adilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching Learning, dapat mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata Pelajaran tematik di kelas 3.2 SD Lab School FIP UMJ. Dengan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik dapat berpengaruh terhadap kemudahan dalam mengerjakan tugas.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap tepatnya pada bulan januari tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 3.2 sebanyak 22 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan test untuk mengumpulkan data kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Siswa menunjukan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menguraikan kata-kata, struktur kalimat, dan ekspresi saat membaca. Mereka juga menunjukan motivasi minat baca yang lebih tinggi dalam belajar membaca. Penelitian ini memberikan impilkasi penting bagi praktisi Pendidikan. Guru-guru perlu mempertimbangkan penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning dalam pembelajaran membaca, terutama pada kelas 3.2 di SD Lab School FIP UMJ. Selain itu, hasil penelitian ini dapat memperkaya pemahaman kita tentang pengajaran membaca yang efektif dan memberikan konstribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Full Text:

PDF

References


Ama, R. G. T. (2021). Minat baca siswa ditinjau dari persepsi keterlibatan orangtua dalam Pendidikan. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 219-229.

Amri, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa kelas v se-kecamatan pandak Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 21(8).

Amir, A. (2023). Analisis factor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa di daerah terpencil terdepan dan tertinggal. Empricism Journal, 4(1), 296-30.

Artini, M. N. (2022). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa SD Negeri 3 Lemukih Singarja. Indonesian Journal of Educational Development, 2722-2671.

Ayuningrum, S., & Anungrat Herzamzam, D. (2022). Konsep dan implementasi pembelajaran membaca pemahaman di SD kelas VI. Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-5 (SNIP 2021) Dan Seminar Nasional Guidence Counseling Project (GCP 2021) SHEs: Conference Series 5, 232-238.

Dafit, F., & Nuramalina. (2023). Faktor kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar. E-JIPSD, 11(2), 438-448.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2(1), 54-60.

Fani Muliawanti, S., Rizqia Amalia, A., Nurasiah, I., & Hayati, E. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.

Fani, S.A., Adhi Widjaya, Y., &Ani, Y. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1).

Frans, S. A., Widjaya, Y. A., & Ani, A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Diligentina: Journal of Tecnology and Christian Education, 2686-3707.

Hasibun, A. N., & Rambe, R. N. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model circ (cooporative integrated reading and composition) di kelas IV SD Negeri 1121331 Kota Batu. EUNOIA: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, 1(1), 19-37.

Mardiyanti, L., Maula, H., Amalia, R., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Mengunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementry Education; JURNAL BASICEDU, (6387-6379).

Nurasiah, I., & Hayati, E. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.

Nurhaliza, N., Usman, U., & Sultan, S. (2022). Minat baca siswa SMP; Faktor latar belakang ekonomi dan Pendidikan keluarga (Middle School Student reading interest: Factors of economic background and family education). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 323.

Purnomo, F.S., Siddik, I. S., & Belitung, B. (2022). Teori Belajar Bruner dan Keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46-50.

Rahayu, N. D. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Tunarungu Kelas V di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Biasa.

Sasongko, V. d., Sudaryanto., Dian, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Melalui Pembelajaran Kontekstual dan Quizizz Materi IPS Pada Siswa Kelas IVB SD Kanisius. Prosiding Pendidikan Profesi Guru; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Septiana, W. V. (2017). Pendekatan Contextual Teaching Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Menara Ilmu.

Sirait, R. (2019). Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IX C SMP Xaverius 2 Jambi dalam Mengapresiasi Cerita Pendek. JIUBJ; Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2). 309-314.

Y, R. N., N, p, S., Jannah, A. N., & Prihantini, P. (2021). Pengelolaan perpustakaan dalam mengembangkan minat baca siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 74-79.

Yuki, K. L. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SMAN 1 Mande, Cianjur. SABDAMAS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ