Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5 – 6 Tahun dalam Mengenal Angka melalui Media Papan Apel Konsep dan Angka di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nadila Nurul Afifah, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Pengenalan angka pada anak usia dini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Oleh karena itu, penting bagi pendidik dan orang tua untuk menyediakan lingkungan belajar yang mendukung serta menggunakan metode yang kreatif dan interaktif untuk membantu anak dalam mengembangkan kemampuan ini. Anak-anak pada rentang usia ini umumnya sudah memiliki kemampuan dasar mengenal angka dari 1 hingga 10. Mereka dapat mengenali dan menyebutkan angka-angka tersebut serta menghubungkannya dengan jumlah objek yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa pelaksanaan dalam pengembangan kemampuan kognitif anak yang dilakukan oleh KB – TK Lab School FIP UMJ dalam kegiatan bermain sambil belajar. Metode studi pustaka digunakan berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan untuk pengembangan kemampuan kognitif anak di KB – TK Lab School FIP UMJ. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan kemampuan kognitif dilakukan dengan baik, sehingga memungkinkan kemampuan kognitif anak berkembangan dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Afra, R. N. (2023). Penggunaan Media Pohon Angka untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun. (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017), hlm. 110-111.

Destia, A. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pohon Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. (Studi Eksperimen di TK Intan Pertiwi, Tanjung Senang, Bandar Lampung).

Hadiyanti, M. D. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 tahun melalui Media Papan Flanel Sempa. (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta).

Indayani Dewi. (2020). Survey Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Pangkoh Hulu Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau. Palangka Raya. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati Vol. 16 No. 2, hlm 85.

Kamisna. S Dkk. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini melalui Kereta Angka di Gampong Krueng Anoi Kuta Baro Aceh Besar. Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD) 7(1), 3.

Lewa, Y. F., Ita, E. I., & Juita, A. K. (2023). Pengembangan Media Papan Pintar Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(3), 635-643.

Najib, S. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dengan Permainan Edukatif: Early Childhood Cognitive Development with Educational Games. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 61-67.

Nunik primaningsih, Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Mengenal Konsep Bilangan Usia 4-5 Tahun: 70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ