Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4.1 SD LAB School FIP UMJ

Nabila Hasanah, Fitria Rosmi

Abstract


Minat belajar merupakan modal awal siswa untuk belajar. Minat belajar merupakan dorongan dari dalam diri siswa secara psikis untuk mempelajari sesuatu dengan kesadaran, ketenangan dan kedisiplinan, sehingga siswa dapat secara aktif dan senang untuk melakukannya. Namun faktanya minat belajar matematika siswa masih perlu ditingkatkan. Sehingga perlu dilakukan upaya untuk menciptakan suatu pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif  yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan metode pembelajaran menggunakan media tangga pintar untuk materi satuan Panjang dan satuan berat. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan minat belajar matematika. Dengan menggunakan media pembelajaran tangga pintar pada mata pelajaran matematika materi satuan Panjang dan satuan berat terbukti dapat meningkatkan minat belajar pada peserta didik kelas 4.1 SD LAB SCHOOL FIP UMJ.

Full Text:

PDF

References


Aini, A. N., & Rulviana, V. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1038-1049.

Balaweling, F. Y., Maria A., Mariunus Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang melalui Media Tangga Pintar pada Siswa Kelas III SD. Journal on Education. 5(3), 91-111.

Daindo, I. (2023). Implementasi Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Regina Pacis Bajawa. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 775-780.

Faedah, S. (2023). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Learning Community Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Letak Geografis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 1283-1301.

Fitriah, N., & Nurbaiti. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Satuan Panjang Melalui Metode Bernyanyi Bagi Kelas V UPT SD Negeri 182 Gresik. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(4), 56-72.

Herowati, H. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Materi Perubahan Fisika Dan Kimiaterhadap Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(12), 4603-4612.

Lestari, A. W. (2023). Peningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Tentang Akar Pangkat Tiga Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas 5 MI Ash Sholatiyyah Lasem. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(2), 200-206.

Loru, F., Trisniawati, T., & Rhosyida, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 280-293.

Mahmudi, M. R., Subhan, M., & Auliana, R. (2023). Pengembangan Papan Konversi Satuan Menggunakan Metode Jamping Materi Satuan Berat Dan Satuan Panjang. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 139-148.

Maisarah, Darwani & Mursyida, I. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran. Internasional Conference on Islamic Civilization (ICONIC). E-ISSN: 25497162

Makhmudah, N. U., Listyarini, I., & Wardana, M. Y. S. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas II SD Islam Cahaya Ilmu Semarang. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1315-1319.

Maulidiyah, R. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Media “Tangga Pintar Satuan Panjang “Siswa Kelas IV SDN Kuluran. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(3), 93-108.

Raihana, F. H. (2023). Implementasi Metode Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Di Mts Mu'allimat Nu Kudus. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 3(2), 1-13.

Setiyadi, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. JISPE Journal of Islamic Primary Education, 1(1), 1-10.

Setiyadi, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30-38.

Setiyadi, D., Aviari, B. A., & Berliana, E. (2022). Uang Koin dan Kertas Mainan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kontekstual pada Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 67-73.

Setiyadi,D. & Cahyasari, H. (2023). Media Tangga Pintar Sarana Belajar Satuan Panjang dan Berat Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di SD. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2), 145-156

Setiyadi, D., Rohyana, H., & Muttaqin, M. F. (2022). Media Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judikdas Borneo), 4(1), 62-70.

Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Siswa?. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21-35.

Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi literatur analisis kelebihan dan kekurangan lms terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pemrograman web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171-181.

Wahyuti, E., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis Dan Numerasi Pada Anak Usia Dini. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 09-20.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ