Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Yossyana Putri, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Artikel ini ditulis untuk menggambarkan peningkatan motivasi belajar anak melalui metode bermain peran yang terdiri dari beberapa aspek yaitu (1) bermain peran sesuai dengan peran masing-masing (2) dapat bertukar peran dengan teman-temannya (3) menguasai peran yang sudah didapatkannya (4) dapat meniru tindakan dan perilaku dari orang-orang disekitarnya. Peningkatan motivasi belajar anak melalui metode bermain peran sangat penting dilakukan agar anak dapat mengenal peran masing-masing dan akan menimbulkan motivasi belajar yang sudah menjadi tanggungjawabnya dan menjadi salah satu cara anak untuk menelusuri dunianya. Anak dapat menelurusi karakter dari orang-orang yang ada disekitarnya yang pernah mereka lihat, sehingga anak dapat menirukannya. Untuk itu diperlukan stimulasi yang tepat dari guru sehingga anak benar-benar mendapatkan motivasi belajar yang semestinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar melalui metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini menandakan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar anak.


Full Text:

PDF

References


Bestari, S., & Ump, F. (n.d.). Efektivitas Pemberian Reward…, SEFTIA BESTARI, FKIP UMP, 2017. 1–7.

Ermita, N. (2018). Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan bahasa pada anak usia dini di tk assalam 1 sukarame bandar lampung. Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 103.

Galappaththi, E. K. (2013). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 55.

Khoerunnisa, N., & Bermain, O. M. (2015). Optimalisasi metode bermain peran dengan menggunakan alat permainan edukatif dalam mengasah percaya diri anak usia dini. XVIII(1), 77–91.

Selatan, S. (n.d.). PERANAN GURU DALAM. 117–134.

Zaini Miftach. (2018). 済無No Title No Title No Title. 53–54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ