Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan motorik pendidikan jasmani dapat meningkatkan pembelajaran gerak seumur hidup pada siswa kelas 4 SD Lab School FIP UMJ. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class action research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap bulan januari tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 4 sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk Test (evaluasi) dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa melatih keterampilan motorik dapat meningkatkan pembelajarak gerak pada siswa kelas 4 SD Lab School FIP UMJ.
Full Text:
PDFReferences
M.E, Winarno . (1994 ). Buku Belajar Motorik.
Cerika, Rismayanthi . (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak- Kanak Melalui Aktivitas Jasmani.
Samsudin. (2013). Kurikulum Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jakarta: UNJ Press.
Pinton, S.M. & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup.
Mutiara Fajar.(2017). Peranan Intelegensi Terhadap Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik
Dalam Pendidikan Jasmani.
Puspita Bahrida. (2021). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik dalam Pembelajaran.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.