Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Audiovisual pada Pembelajaran IPS Kelas IV-B MIS Al-Hidayah

Aida Saskia, Laily Nurmalia, Mas Roro Diah Wahyulestari

Abstract


Pembelajaran IPS mencakup berbagai disiplin ilmu seperti sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, dan antropologi. Peserta didik harus mempelajari materi yang luas dan kompleks sehingga hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran IPS. Melalui media pembelajaran audio visual diharapkan ada peningkatan dalam proses hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan test. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV B yang berjumlah 28 orang. Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik yaitu 54,05 dan yang mencapai KKM sebanyak 4 orang. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 66,57 dan yang mencapai KKM sebanyak 20 orang. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat sebesar 77,64 dan yang mencapai KKM sebanyak 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas IV B MIS AL-Hidayah. Berdasarkan data pada tahap pra siklus, pembelajaran siklus I dan II adanya peningkatan

Full Text:

PDF

References


Arya, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9-20. doi: 10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227

Aulia, T., Titin, & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229-241. doi: 10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Ilham, S. (2022). Urgensi Pembelajaran IPS Sebagai Instrumen Penanaman Nilai Karakter Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2987-2991. doi:: 10.36312/jime.v8i4.4009/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Musliyono. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV Dengan Menggunakan Media. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES), 3(3), 1919-1924.

Pelipa, E. D., & Sawalidah. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Konsep Kegiatan Pokok Ekonomi di Kelas VII SMP Negeri 07 Dedai. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 96-102.

Pinki, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas VB di MIS Al-Hikmah Sidang Tebas Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Literasi Unggulan, 2(3), 406-415.

Serungke, M., Sibuea, P., Azzahra, A., Fadillah, M. A., Rahmadani, S., & Arian, R. (2023). Penggunaan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 3503-3508.

Winda , T. s., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1-12.

Wiwin, H. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IVB SD Negeri 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1-2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ