Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 – 6 Tahun melalui Media Musik dan Lagu di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami parameter perkembangan anak usia dini, faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan kognitif, sistematisasi perkembangan kognitif, serta upaya meningkatkan perkembangan kognitif melalui musik dan bernyanyi di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tinjauan literatur dari jurnal terdahulu dan pengumpulan data lapangan melalui observasi langsung di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media musik dan lagu efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, merangsang daya ingat, dan memperkuat kreativitas anak. Hal-hal penting dalam metode bernyanyi termasuk pemilihan lagu yang sesuai, praktik menyanyikan lagu secara aktif, pendemonstrasian bersama, dan dukungan lingkungan. Kesimpulannya, penggunaan musik dan bernyanyi dalam pembelajaran anak usia dini memiliki potensi besar untuk memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan perkembangan kognitif mereka.
Full Text:
PDFReferences
Filtri, H., & Sembiring, A. K. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2). Diakses dari https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/1175/839/
Khafifah, N. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Dengan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini. asikmalaya,. Diakses dari https://osf.io/kewy3/download
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/340203-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-00d2756c.pdf
Wicaksono, A. W., Nafi’ah, A., Winona, A. F. S., & Muhid, A. (2022). MeningkatkanKemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini: Literature Review. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2). Diakses dari https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635/1748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.