Peningkatan Pemahaman Konsep IPA melalui Media Visual dalam Mata Pelajaran IPAS di MIS Al-Hidayah

Chaerani Budianti, Laily Nurmalia, Siska Kusumawardani

Abstract


Indonesia berada di peringkat ke 71 dari 79 negara partisipan PISA pada kategori kemampuan sains. Maka dari itu pemerintah telah berupaya meningkatkan literasi membaca, sains dan numerasi melalui penerapan pembelajaran tematik, aktif berpusat pada peserta didik. Keterpaduan antara IPA dan IPS menjadi IPAS merupakan salah satu solusi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi. Pembelajaran yang monoton membuat peserta didik kurang paham dengan materi yang diajarkan, oleh karena itu harus ada media pembelajaran saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengenal penggunaan media visual berupa media gambar pada pelajaran IPAS kelas 1A MIS Al-Hidayah, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh media visual berupa media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini diperbandingkan dengan hasil yang didapat berdasarkan pra-siklus, siklus I, & siklus II berdasarkan segi peningkatan pemahaman konsep IPA peserta didik pada pembelajaran IPAS materi makan makanan sehat dan tempat tinggalku, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pembelajaran sebelum menggunakan media visual berupa media gambar atau pra-siklus berdasarkan 29 peserta didik yang memiliki kelompok tinggi 0 peserta didik, kelompok sedang 15 peserta didik, dan kelompok rendah 14 peserta didik. Sesudah menerapkan media visual berupa gambar atau siklus II berdasarkan 29 peserta didik yang memiliki kelompok tinggi 4 peserta didik, kelompok sedang 21 peserta didik, dan kelompok rendah 4 peserta didik. Adapun rata-rata persentase pemahaman konsep IPA pada tahap pra-siklus 50%. Sesudah dilaksanakan tindakan II atau siklus II menjadi 85%. Angka ini menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman konsep IPA kelas 1A sebelum tindakan dan sesudah tindakan sebanyak 35%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui media gambar pada siswa kelas I di MIS Al-Hidayah pada tahun pelajaran 2023/2024.


Full Text:

PDF

References


Aen, R., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berrupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA. COLLASE (Kreatifitas Pembelajaran Siswa Pendidikan Dasar), 3 (3), 99-103.

Fifi, Nofiaturrahmah. (2015). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk MI Yang menyenangkan. Elementary, 3(2), 1-19.

Hewi, L. & Shaleh, M. (2015). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 30-41.

Kemdikbud. (2020). Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter dan Lingkungan Belajar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan.

Maliasih, Hartono, & Nurani. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222-226.

Nurrahman, M. N., Meisyaroh, S., Sagala, V. S., & Marini, A. (2022). Keefektifan Media Pembelajaran dalam Bentuk Permainan Papan Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 437-446.

Ruhimat, Toto. (2013). Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Suhelayanti, Syamsiah Z, dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Medan: Kita Menulis.

Suparman, T., Prawiyogi, AG, & Susanti, RE (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (2), 250-256.

Susanti, Eka. (2018). Konsep Dasar IPS. Medan: Widya Puspita.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wuryandani, W. & Fathurrohman. (2011). Pembelajaran PKN di Sekolah dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ