Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 1B Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share MIS Al-Hidayah

Jihan Fauziyah, Laily Nurmalia, Siska Kusumawardani

Abstract


Model pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya model pembelajaran sering terlupakan dan berdampak pada kualitas pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap mata pelajaran IPAS pada siswa kelas 1B MIS Al-Hidayah tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart, melalui dua siklus dan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1B sebanyak 29 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar prasiklus dengan nilai rata-rata 57.27 dan ketuntasan hasil belajar 11% atau 3 orang siswa, siklus I nilai rata-rata sebesar 66.93 dengan ketuntasan hasil belajar 31% atau 9 orang siswa, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 84.03 dengan ketuntasan hasil belajar 93% atau 27 orang siswa yang tuntas serta memenuhi standar KKM ≥ 75 mata pelajaran IPAS. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dikatakan berhasil, yang menunjukkan bahwa besarnya persentase siswa yang mencapai hasil belajar IPAS materi siang dan malam tuntas belajar dengan KKM ≥ 75, mencapai 93% lebih tinggi dari 75% yang ditetapkan dalam indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas. 


Full Text:

PDF

References


Hidayah, R. N., Sulasmono, B. S., & Widyanti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 34-39.doi: 10.31764/jtam.v3il.759

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A - Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta: Kemendikbud.

Meliyana, A., Arham, A., Panigoro, M., Hafid, R., Hasiru, R., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 26–33. doi: 10.37479/jebe.vli2.17904.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. Diselengarakan oleh program studi pendidikan matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang, 12 Desember 2019 (hal. 659-663. Diakses dari http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Ningsih, N. S., Kasmawati, & Rustam, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik pada Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SD. Arus Jurnal Pendidikan MKKS (AJPM), 1(1), 1–5. Diakses dari http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajpm

Nurmailis. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas III.A SD Negeri 240 Palembang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 5(2), 149–156. doi: 10.31004/jrpp.v5i2.9420.

Putra Praditya, C. R., & Haryana, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Di Smk Negeri 1 Magelang. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 25–32. doi: 10.21831/jpvo.v3il.33555.

Sholichah, L., Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1037–1045. doi: 10.31004/basicedu.v6il.2079.

Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.788.

Wijayanti, F. Chamidah, D. Hasyda, Surya. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ