Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 1 Mis Al-Hidayah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD

Khoirud Darojatul Wafa, Laily Nurmalia, Siska Kusumawardani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas 1B MIS Al-Hidayah tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan melalui 2 tahapan siklus yang terdiri dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1B MIS Al-Hidayah yang berjumlah sebanyak 29 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari hasil belajar yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam hasil belajar dari peserta didik yaitu sebesar 44,8% dengan melalui ketiga tahapan siklus yang sudah dilaksanakan. Sebanyak 25 peserta didik telah berhasil meningkatkan hasil belajarnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Persentase peserta didik yang telah menuntaskan pembelajaran bahasa Indonesia adalah sebesar 86,2% dari jumlah keseluruhan dengan nilai rata-rata sebesar 79. Upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) di kelas 1B MIS Al-Hidayah bisa dikatakan berhasil karena presentase akhir yang dihasilkan di siklus II adalah 86,2%. 


Full Text:

PDF

References


Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Indonesian Journal of Islamic Education, 6. https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/20569

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 3, 112. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. 4. https://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikandasar/article/download/1754/908/

Zzulfa, Z., Maulida, R., & Hasyim, I. (2022). Inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka belajar dalam profil pelajar Pancasila. 4. https://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/9661/0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ