Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5 – 6 Tahun melalui Metode Bernyanyi di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang

Putri Octavia Nova, Adiyati Fathu Roshonah, Anita Damayanti

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan bagi penulis sendiri untuk memperoleh hasil belajar yang baik serta memuaskan.Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang. Hasil penelitian peningkatan keterampilan anak berbicara melalui metode bernyanyi di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang. Diperlukan pembahasan guna menjelaskan dan memperdalam kajian dalam penelitian ini. Pada kondisi awal tergambar keterampilan berbicara masih rendah, Sebagian besar anak kelompok B di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang masih ada yang belum jelas berbicara, kejelasan artikulasi dan mengenal kosa kata Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu : keterampilan berbicara di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang masih kurang, untuk memotivasi dan meningkatkan rendahnya kemampuan anak dalam keterampilan berbicara maka dilakukan tindakan salah satunya melalui metode bernyanyi

Full Text:

PDF

References


Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Ummah, Y. K., & Mas’udah, M. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Bernyanyi Di RA Al-Ihsan Kalikejambon Tembelang Jombang.

Saputra, A. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.

Yani, H. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercakap-Cakap Dengan Gambar Seri Pada Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 2(2), 139-149.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ