Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Peristiwa dalam Kehidupan Di Kelas V MIS Al-Hidayah

Marvel Santoso, Laily Nurmalia, Mas Roro Dyah Wahyu Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran yang hanya monoton saja pada mata pelajaran IPA dalam Tema Peristiwa dalam Kehidupan. Peneliti melihat bahwa hal ini disebabkan karena siswa banyak yang tidak aktif dalam pembelajaran berlangsung.sehingga dengan diterapkan adanya model pembelajaran Problem based learning ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran tentang materi perubahan wujud benda dalam tema peristiwa dalam kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan. Model penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang melalui 4 tahapan yaitu Perencanaan Tindakan,Observasi, dan refleksi. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dan dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Arukah, D. W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. Jurnal Pendidikan Dasar.

Dirgantara Wicaksono, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV. Jurnal Ilmiah PGSD Vol: No.2 , 113.

Masria. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 , 92.

Masrinah, E. N. (2019). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 4.

Rahdiyanti, D. (2012). Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian,Prinsip,dan Karakteristik). Seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Vol.2, 2.

Sumertha, G. (2019).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol 2 No 2, 197.

Wulan Purnama Sari Simatupang, F. U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 3, No. 1, 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ