Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4 – 5 Tahun melalui Media Boneka Jari di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang

Rosiana Sukma Puteri, Adiyati Fathu Roshonah, Anita Damayanti

Abstract


Keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun ada sekitar 1.000-1.500 kata yang dapat diucapkannya. Tentu, kata yang dimilikinya akan terus bertambah. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah anak mampu mengucapkan lebih banyak kata melalui boneka jari karena di usia 4-5 tahun anak seharusnya sudah mampu bercerita tentang pengalaman nya dengan baik, melalui media boneka jari diharapkan anak mampu untuk mengeksplor perbendaharaan kata dan mampu untuk melatih keterampilan berbicaranya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus adapun pengumpulan data menggunakan observasi dan juga wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan anak mampu memperlihatkan keterampilan berbicaranya melalui cerita yang ia karang sendiri lalu ia mengeksplor kata dan juga anak mampu bercerita dengan menggunakan mimik muka yang menandakan suasana atau situasi cerita yang ada.

Full Text:

PDF

References


Agustiana, R., & Ramadhini, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Circle Time. PERNIK, 3(1), 1-24.

Chrestiany, S., & Hasibuan, R. (2018). Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1-5.

El Rahmah, W., & Ray, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Istiqomah Medan TA 2018/2019. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502, 7239.

Putri, A. A. (2018). Studi tentang kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115-122.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1-5.

Trisdiana, N. Z., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini dengan Media Boneka Jari. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ