Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas 4 SD Materi Mengenal Peta Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Melati Rosha, Laily Nurmalia, Siska Kusumawardani

Abstract


Pada pembelajaran IPAS, khususnya materi mengenal peta, biasanya masih menggunakan metode tradisional yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dianggap lebih efektif karena dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep siswa melalui masalah-masalah nyata yang kompleks. Penerapan PBL diharapkan dapat meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa dalam materi IPAS, terutama dalam mengenal peta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengetahui apa itu peta dan membaca peta dalam pembelajaran IPAS materi mengenal peta melalui PBL. Dengan demikian, judul ini tidak hanya memberitahu apa yang akan diteliti, tetapi juga bagaimana cara penelitian tersebut akan dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data pada pra siklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata 71,15 dan peserta didik dengan nilai 75 dan diatasnya sebanyak 9 peserta didik, dengan menunjukkan persentase 34,61%. Pada siklus satu sedikit peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik 77,5 dan peserta didik yang mendapat nilai diatasnya menduduki angka 75 sebanyak 13 peserta didik, dengan menunjukkan persentase 50%. Pada siklus dua peserta didik menunjukkan peningkatan pada hasil belajar yaitu dengan nilai rata-rata 93,65 dan peserta didik yang mendapatkan nilai diatas angka 75 terdapat 25 peserta didik, dengan menunjukkan persentase 96,15%. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa yang dilakukan dari kedua siklus ini bisa disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik terlihat sudah meningkat yang artinya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dibantu dengan media pembelajaran peta dan ppt yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Azizah, & Fatamorgana. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-470.

Dewi, Sukamto, & Prasetyowati. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9 (2), 4995-5008.

Handayani, & Koeswanti. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5 (3), 1349-1355.

Ismawati, & Hindarto. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7 (1), 38-41.

Pratama, Yuyuk, & Arima. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas Iv Sdn Canggu 2 Melalui Media Peta Keberagaman Bangsaku. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 5689-5700.

Pristianti, Badariah, Hidayat, & Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6), 7911-7915.

Pujiastuti, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekardoja Mengenai Perubahan Wujud Zat. JGURUKU: Jurnal Penelitian Guru, 1 (2), 56-65.

Rahman, Munandar, Fitriani, Karnina, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: kajian Pendidikan Islam, 2 (1), 1-8.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 289-302.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ