Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Media Audio Visual Anak Usia 5 – 6 Tahun

Siti Azzahra Balgis, Adiyati Fathu Roshonah, Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun (kelompok B). Prosedur penelitian melibatkan serangkaian intervensi menggunakan media audio visual yang dirancang untuk memperkaya kosakata, meningkatkan pemahaman struktur bahasa, dan mengembangkan kemampuan ekspresif serta reseptif anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kemampuan berbicara sebelum dan sesudah intervensi. Kesimpulannya, penggunaan media audio visual ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara dan meningkatkan perkembangan bahasa mereka

Full Text:

PDF

References


Haryanto, & Aini. (2018). Peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5 tahun melalui metode bercerita menggunakan media audio visual. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141-152.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud. Jurnal Kumara Cendekia Vol. 9 No.1 Bulan Maret 2021

Basrowi & Suwandi. (2009). Memahami penelitian kualitatif. PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ