Penggunaan Model Pembelajaran CTL dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 MIS Al-Hidayah

Sila Dwi Kinanti, Laily Nurmalia, Mas Roro Diah Wahyulestari

Abstract


Didapati dalam proses pembelajaran  matematika masih dominan berpusat kepada guru melalui metode ceramah dan peserta didik hanya mencatat serta menjawab soal, sehingga peserta didik  tidak berperan aktif dalam pembelajaran, kemampuan pemahaman matematika peserta didik cenderung rendah karena peserta didik terbiasa hanya menerima informasi tanpa memahaminya. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CTL dalam meningkatkan kemampuan pemahaman Matematika siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi .Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III B sebanyak 28 orang.  Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran Contextual teaching and Learning Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika pada materi volume benda satuan tidak baku Kelas III Sekolah Dasar hal ini dapat terlihat kenaikan nilai rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu sebesar 69, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 74,5 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Sehingga kenaikan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus II sebesar 15 poin. Lalu kenaikan jumlah peserta didik yang tuntas dari pra siklus sebanyak 12 orang dengan persentase 43% menjadi 20 orang peserta didik dengan persentase 71% pada siklus I dan naik kembali menjadi 26 orang peserta didik dengan persentase 93% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model contextual teaching and learning pada materi volume benda satuan tidak baku efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. ,. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Sendang Mulyo 02. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 1686-1687.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422.

Aulia Khairunnisa, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06 (02), 1846-1856.

Damayanti, N. C. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 825-857.

Fahmi, D. C. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Indramayu: Penerbit Adab.

Luncing. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Sederhana. Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1), 2656-6745.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Melinda, R. Y. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Kelas III Menggunakan Pembelajaran Ctl. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10.

Putri, K. &. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal pendidikan dasar, 4(1), 1-27.

Putu Mira Novita Sari, D. P. (2020). Efektivitas Hasil Belajar Matematika Melalui Model CTL Berbasis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 248-256.

Tambunan, L. O. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1029-1038.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ