Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Game Based Learning di MIS Al - Hidayah

Tasya Zulfa Fauzi, Laily Nurmalia, Muhammad Hayun

Abstract


Penerapan model game based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas 1 MIS Al – Hidayah Tangerang Selatan. Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran game based learning dalam pembelajaran tentang kata – kata pekerjaan BAB 8 Lingkungan Rumahku pembelajaran ke-1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu pengamatan terhadap kegiatan belajar berupa tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama, dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1A MIS Al – Hidayah yang berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil belajar 29 siswa, siswa yang tuntas hanya 8 orang atau sekitar 28% siswa dan 21 orang atau sekitar 72% siswa sisanya masih belum tuntas. Pada siklus II hasil belajar 29 siswa, 4 orang atau sekitar 14% siswa yang belum tuntas, sedangkan 25 orang atau sekitar 86% siswa sisanya yang telah tuntas Dari hasil dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran game based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IA MIS Al – Hidayah telah berhasil. 


Full Text:

PDF

References


Nugraha, Mohammad Fahmi. Budi Hendrawan Dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya : Edu Publisher. Rineka Cipta.

Suminar, R. P. 2016. Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati. Jurnal Logika,18 (3), 114-119.

Djajadi. Muhammad (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran

Astuti, I. A., Suyanto, M., Road, J. R., & Catur, C. (2017). Penerapan Metode User Centered Design Pada Game Based. 2(1),10–20.

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati, Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi) (Magetan: CV. AE Grafika, 2017), hal. 96

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r & d.

Setiaman, S. (2020). Merancang Kuesioner untuk Penelitian.

Bahri, Syamsul dan Zamzam, Fahkry. 2015 Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Semamos. Yogyakarta: Deepublish.

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing. Hal 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ