Penggunaan Tangga Satuan Berat dalam Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2C MIS Al-Hidayah

Zahra Tsaniyatun Naafi’i Jamiil, Laily Nurmalia, Muhammad Hayun

Abstract


Pembelajaran matematika yang bersifat abstrak seringkali membuat siswa kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari khususnya pada materi satuan berat. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Siswa membutuhkan alat bantu yang konkret dan interaktif agar dapat memahami konsep dengan mudah yaitu dengan menggunakan alat peraga tangga satuan berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas 2C MIS Al-Hidayah Tangerang Selatan  pada mata pelajaran matematika khususnya materi satuan berat melalui penggunaan alat peraga tangga satuan berat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Subjek yang dipilih dalam penelitian adalah siswa kelas 2C  MIS Al-Hidayah Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Parameter yang diukur adalah ketuntasan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,8. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I didapatkan sebanyak 16 siswa yang tuntas (64%) dan yang tidak tuntas ada 9 siswa (36%). Sedangkan pada siklus II didapatkan sebanyak 21 siswa (84%) dan yang tidak tuntas ada 4 siswa (16%). Hasil belajar dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dalam penelitian ini 84% sudah melebihi ketuntasan nilai minimal yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga tangga satuan berat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2C MIS AL-Hidayah Tangerang Selatan.

Full Text:

PDF

References


Anggreny Br Pandia, W. S. (2021). Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis Stem Dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik. Chemistry in Education, 10(1), 30-37.

Aniswita, N. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1-13.

Desi Setiyadi, H. C. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah dengan Media Tangga Pintar. Dawuh Guru, 3(2), 145-156.

Dian Puspita Aprilia Laknasa, A. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning. EULER:Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(2), 103-108.

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara:Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-45.

Happy Fitria, M. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1), 14-25.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya.

Kurino, Y. D. (2018). Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 56-64.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Yeni Wartini, D. H. (2024). Penggunaan Alat Peraga Tangga Satuan Berat dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Alifbata:Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 44-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ