Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Energi Alternatif Melalui Metode Eksperimen Kelas 3 di MIS Al-Hidayah

Zerra Farida, Laily Nurmalia, Mas Roro Diah Wahyulestari

Abstract


Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 di MIS Al-Hidayah merupakan sebuah inovasi pendidikan yang dirancang untuk memperbaiki kualitas hasil belajar siswa.Dalam menjalankan tugasnya, guru mempunyai peran yang sangat penting yaitu sebagai pemelihara, penerus, penerjemah dan penyelenggara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi energi alternatif melalui penerapan metode eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Al-Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MIS Al-Hidayah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa pada pra siklus adalah 57,8, meningkat pada siklus I menjadi 65,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,8. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebanyak 8 siswa (26%), meningkat menjadi 15 siswa (50%) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 28 siswa (93%) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar pada materi energi alternatif pada siswa kelas III Mis Al-Hidayah.


Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Tindakan Kelas, 3 (2), 114-121.

Bekti, R., & Fitriyani. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12 (2), 103-113.

Darwis, U., & Siagian, S. P. (2022). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SD Negeri 105351 Bakaran Batu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA), 8 (1), 28-35.

Isna, B., I, M. T., & Irwan, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif Online, 2 (2), 96-104.

Khalida, B. R., & Astawan, G. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU, 4 (2), 182-189.

Ningtias, S. C., Tarno, & Suardin. (1 (1)). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Eksperimen Berbantuan Media Diorama Kelas V SD Negeri 68 Buton. Penuh Asa, 88-95.

Patmawati, E., Margianti, & Kresnadi, H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (5), 1-16.

Somantri, A., Djumhana, N., & Hendriani, A. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (2), 22-29.

Trihartoto, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar. International Journal of Elementary Education, 4 (1), 122-129.

Wulandari, Y., Refianne, F., & Estiyani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2 (2), 244-253.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ