Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa KB Mawar dalam Membuat Alat Musik dari Bahan Bekas

Syifatunnisa Nuraulia, Mutiarani Mutiarani, Anita Damayanti

Abstract


Naskah Bahan bekas merupakan bahan yang tidak digunakan lagi. Namun bahan bekas dapat didaur ulang menjadi barang lain yang dapat digunakan dan bahkan dapat memiliki nilai jual. Pemanfaatan bahan bekas seperti botol plastik, dalam kegiatan membuat kerajinan alat musik dengan tema seni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas anak pada kegiatan membuat alat musik dari bahan bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi selama kegiatan, wawancara kepada guru kelas, dan dokumentasi berupa foto hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membuat alat musik dengan memanfaatkan bahan bekas lebih menarik minat dan antusias anak sehingga dapat meningkatkan kreativitas anak, motorik halus, dan kemampuan anak dalam menghargai sesama. Selain itu juga dapat meningkatkan pemahaman anak tentang lingkungannya dan kesadaran bahwa bahan-bahan bekas dapat dibuat menjadi hasil karya seni.

Full Text:

PDF

References


Ananda Khairana Sukandar & I Wayan Astika (2020). Improving Children’s Musical Ability through Creativity Learning Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Anak dengan Pembelajaran Berbasis Kreativitas.

Berliani, A. N., & Tanfidiyah, N. (2024). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dengan Media Barang Bekas DI TK LKMD 1 Kopen Teras Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN Raden Mas Said).

Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: The theory in practice. Basic Books/Hachette Book Group.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49.

Rahmi, A., & Maemonah, M. (2023). Implikasi Seni dalam Bermain Alat Musik Drum pada Anak Usia Dini. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 6(2), 83-95.

Susanti, S. (2000). Filsafat Seni: Antara Pertanyaan dan Tantangan (Philosophy of Art: Between Question and Challenge). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 1(2).

Twigg, D., & Garvis, S. (2010). Exploring art in early childhood education. The International Journal of the Arts in Society, 5(2), 193-204.

Utomo, U. (2017). Daya tarik lagu bagi anak usia dini: Studi kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal seni musik, 6(2).

Zakiyah, N. F., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Kreativitas Anak pada Kegiatan Membuat Boneka Hewan dari Bahan Bekas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6867-6875.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ