Meningkatkan Kesadaran Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Sekitar di SDN Pondok Cabe Ilir 01

Rahmawati Rahmawati, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Kerusakan lingkungan hidup yang dulunya dianggap sebagai masalah lokal di suatu negara, namun kini telah meluas dan menjadi masalah global. Terjadinya permasalahan lingkungan hidup terutama disebabkan oleh ulah manusia. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat secara bertahap kehilangan minat terhadap lingkungan tempat mereka tinggal. Oleh karena itu, perlu ditanamkan kepedulian terhadap lingkungan  sejak dini. Perlindungan lingkungan harus diajarkan di sekolah dasar, termasuk pembelajaran sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kepribadian sadar lingkungan melalui pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar. Beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa, Contextual  Teaching  and Learning  (CTL) dan  metode  Outdoor Learning.  Bahan ajar  dan  media  pembelajaran  juga  berperan penting  dalam  membentuk  karakter  peduli  lingkungan pada siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran IPA di SDN Pondok Cabe Ilir 01 yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter peduli lingkungan sebagai salah satu tujuan utama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. yang berfokus pada pengkajian objek alamiah dengan penekanan pada pemahaman makna dari pada generalisasi, seperti yang diungkapkan oleh (Sugiyono 2015). Lokasi penelitian berada di SDN Pondok Cabe Ilir 01. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder, untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat.


Full Text:

PDF

References


Badarudin, B. (2018). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Prestasi Belajar IPA menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 50-56.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia. Departemen Pendidikan Nasional.(2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi penerapan program adiwiyata untuk membentuk perilaku peduli lingkungan di kalangan siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35-41.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Permana, B. I., & Ulfatin, N. (2018). Environmentally Conscious School Culture at the Adiwiyata Mandiri School. Educational Sciences: Journal of Educational Theory and Practice Studies, 3(1), 11-21.

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 4(2).

Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(2).

Sunarno, W. (2016). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Tema Ekosistem Dengan Kepedulian Lingkungan Dan Kemampuan Analisis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) (pp. 269-278).

Swarniti, N. W. (2019). The translation procedures of Bible translation. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 5(2), 187-196.

Wanabuliandari, S. D. A. S., & Rahardjo, S. (2017). Peningkatan perilaku peduli lingkungan dan tanggung jawab siswa melalui model ejas dengan pendekatan science edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ