Penggunaan Media Pembelajaran Kertas Origami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II-D SDN Pondok Cabe Ilir 01

Shafira Nurul Indriani, Dendi Wijaya Saputra, Muhammad Hayun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kertas origami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menurut model spiral model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart ini mencakup empat komponen, yaitu: rencana (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media kertas origami, pada siklus I yang tuntas 13 siswa atau 52% meningkat menjadi 21 siswa atau 84% pada siklus II. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan media kertas origami dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Halimah, N. N., & Riyadi, A. R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(2), 200-208.

Khoiriyati, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Menggunakan Media Kertas Origami.

Najiyyah, N., & Faizah, S. N. (2019). Media Kertas Lipat Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas Iv Di Mi Murni Sunan Drajat Lamongan. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 79-89.

Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, Pp. 448-454).

Setiawan, F. S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 78-85


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ