Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory Di SDN Pondok Cabe Ilir 01

Intan Maharani, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik, membuat proses membaca lebih menyenangkan dan menarik pada peserta didik kelas 2B SDN Pondok Cabe Ilir 01. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yakni penelitian suatu pendekatan penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta hasil belajar peserta didik. Metode ini melibatkan siklus berulang yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan  adanya peningkatan minat baca siswa melalui media pembelajaran berbasis E-bookstory. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan presentase ketuntasan siswa sudah mengalami peningkatan pada setiap siklus, pada siklus 1 dengan frekuensi 12 siswa yang belum bisa membaca menggunakan E-bookstory dan pada siklus 2 dengan frekuensi 7 siswa yang belum bisa membaca menggunakan E-bookstory. Dari hasil rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media membaca menggunakan E-bookstory terdapat peningkatan pada siswa kelas 2B di SDN Pondok Cabe Ilir 01.


Full Text:

PDF

References


Agnes. N. dkk. 2021. "Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar", Jurnal Basicedu

Elendiana. M. (2020) "Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar", Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1).

Erawahyuni. R, dkk.(2023). " Pengembangan media games book berbasis cerita "minuman Nusantara" untuk meningkatkan minat baca siswa kelas II di sekolah dasar ", ELSE, 7(1).

Harianto. E. (2020). "Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa." Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1).

Ilmi. N, dkk. (2021) "Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar", Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).

Ruddamayanti. (2019). " Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca".

Sartanto. A. (2021) “Pembiasaan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Kegiatan Membaca Buku Cerita Bergambar Anak Usia Dasar”, Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2).

Sephiana. S, dkk. (2023). " Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sdn Pekapuran Raya 1 Banjarmasin ", Journal of Instructional Technology, 4(3).

Wulanjani. A. (2019). “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar”, Proceeding of Biology Education, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ