Meningkatkan Kreativitas Siswa dengan Mengukur Panjang Melalui Satuan Tidak Baku dengan Media Konkret di SD Negeri Pondok Cabe Ilir 01

Authors

  • Nabilah Maya Nurdiana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dendi Wijaya Saputra Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Hayun Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran dengan media konkret pada peserta didik kelas I D SD Negeri Pondok Cabe Ilir 01 Tahun Ajaran 2023/2024. Keaktifan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu keaktifan fisik dan keaktifan mental. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I D SD Negeri Pondok Cabe Ilir 01 yang terdiri dari 25 peserta didik. Objek penelitian adalah keaktifan belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui media kongkret dalam pembelajaran. Media konkret itu sendiri bisa meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelejaran. Dan mereka tidak merasa bosan dengan pembelajaran karena adanya media konkret tersebut.

References

Khoirunisa, H., Aulia, A. H., & Syadida, H. (n.d.). Laporan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan di SDN Pancoran 07 Pagi. Retrieved May 31, 2024, from https://info.trilogi.ac.id/repository/assets/uploads/PGSD/2b745-plp-2022-2023.pdf

Rifanty, E. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas Vb Sd Muhammadiyah Condongcatur. JURNAL JPSD, 10(10). https://doi.org/10.26555/jpsd

Solik, Drs. A. (2006). Laporan Penelitian Tindakan Kelas. https://docs.google.com/document/d/1xifEKrKXNGzxynp_spJW01PPQMWUZkml/edit

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles