Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN Pondok Cabe Ilir 01 melalui Pendekatan Problem Solving

Nisa Indina Zulfa, Dendi Wijaya Saputra, Sri Irnaningsih

Abstract


Pendekatan Problem Solving diterapkan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan analisis, pemecahan masalah, dan pemahaman konsep matematika yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SDN Pondok Cabe Ilir 01 melalui pendekatan problem solving. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV SDN Pondok Cabe Ilir 01. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika setelah menerapkan pendekatan Problem Solving. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan efektif bagi siswa kelas IV SDN Pondok Cabe Ilir 01. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika secara lebih efektif dan menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Tunu, D. J., Daniel, F., & Gella, N. J. (2022). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika Siswa ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1499-1510.

Mulyawati, M., Tantowie, T. A., & Fuadi, D. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung melalui Media Konkret Koin Warna (Kancing) pada Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Bestari| Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 221-240.

Ritonga, R., Iskandar, R., Ridwan, Y., & Aji, R. H. S. (2021). Penelitian tindakan kelas. PT. Rajawali Buana Pusaka.

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(1), 10-15.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252-261.

Nurfadila, S., & Rahmawati, D. (2023). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 3 Sukajadi. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 15(1), 13-28.

Aminah, A., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(2), 118-122.

Abdullah, A. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45-62.

Afrom, I. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Pendidikan Seni Drama di PRODI PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 12-17.

Ahmad, A. (2023). Penerapan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Materi Pentingnya Keutuhan NKRI di SDN Temba Kelas V Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 135-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ