Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas II SD dalam Menulis Kata dengan Mengunakan Media Gambar di SDN Pondok Cabe Ilir 01 Tanggerang Selatan

Risyah Novita, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN Pondok Cabe Ilir 01 Tanggerang Selatan dalam menulis kata dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan melalui tahapan yang sama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Pondok Cabe Ilir 01 dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa hasil belajar siswa meningkat, yaitu hasil dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 64,33 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal adalah 45%, nilai tidak tuntas pada siklus I adalah 55%, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 85,67 dengan ketuntasan secara klasikal menjadi 90% sehingga terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal sebanyak 50%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis kata siswa kelas II SDN Pondok Cabe Ilir 01 Tanggerang Selatan.

Full Text:

PDF

References


Gong, A.G.,& Irkham, A. M. 2012. Gempa Literasi.J Akarta: Perpustakaan Populer Gramedia

Kemmis. S. & Mctaggart, R. (Eds) (1988) The Action Research Planner (3rd Edn). Geelong: Deakin University Press.

Palupi, dkk. 2021. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bebasis Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Taman Cendekia Vol, 05, No. 01. Diacces Pada Tanggal 15 April 2024 Melalui Https://Jurnal.Ustjogja.Ac.Id/Index.Php/Tamancendekia/Article/View/9470/4060

Rahim, F. 2018. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Pengembang Pusat Pembinaan Badan Bahasa. 2016. Panduan Festival Literasi.Jakarta: Kemendikbud.

Wiedarti, P.,Dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolahjakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ