Identifikasi Masalah Yang Dialami Guru pada Pendidikan Inklusi di TK Aisyiyah 3 Cipetir
Abstract
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pelayanan khusus dalam pendidikan yang berbeda dengan anak pada umumnya. Pendidikan inklusif adalah penempatan anak berkelainan ringan, sedang dan berat secara penuh di kelas. Berdasarkan hasil observasi di TK Aisyiyah 3 Cipetir terdapat anak berkebutuhan khusus disetiap masing-masing kelas, dalam proses pembelajaran dapat terlihat bahwa anak berkebutuhan khusus belum mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini menjadi suatu masalah tersendiri bagi guru untuk menelaah proses pembelajaran. Sehingga guru perlu mengidentifikasi peserta didik yang berada di kelas. Dari hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi masalah yang dialami guru dalam pengimplementasian pendidikan inklusif khususnya pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis metode interaktif. Hasil dari penelitian ini kedepannya diharapkan bisa menjadi manfaat bagi guru yang memiliki masalah dalam proses pembelajaran pada kelas inklusi. Strategi guru dalam menghadapi permasalahan dari metode pembelajaran yang dialami di kelas yaitu komunikasi, analisis tugas dan pendekatan terstruktur.
Full Text:
PDFReferences
Diva Salma Hanifah, A. B. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 473-483. Doi: 10.24198/jppm.v2i3.37833
Satriawati. (2020). Pendidikan Inklusi. Makassar: Yayasan Barcode Divisi Publikasi Dan Penelitian. Diakses dari https://www.academia.edu/45603395/PENDIDIKAN_INKLUSI
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv Alfabeta.
Sukadari. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher. Diakses dari https://repository.upy.ac.id/1915/1/PENDIDIKAN%20INKLUSI.pdf
Sukadari. (2020). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Inklusi. 336-346. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/342634244_Pelayanan_ Anak_Berkebutuhan_Khusus_Melalui_Pendidikan_Inklusi
Syafrida Elisa, A. T. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 01-09. Diakses dari http://journal.unair.ac.id/filerPDF/110810216_Ringkasan.pdf
Yuraeda Mufidah, L. H. (2021). Identifikasi Tantangan Yang Dihadapi Guru Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Negeri 1 Gemel Dan Sekolah Dasar Negeri Batutulis. Renjana Pendidikan Dasar, 1-8. Diakses dari https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/61o
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.