Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card terhadap Konsep Pemahaman Keadaan Cuaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Pondok Cabe Ilir 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap pemahaman konsep keadaan cuaca pada mata pelajaran bahasa indonesia di sdn pondok cabe ilir 01. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan media flash card, dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flash card secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep keadaan cuaca dibandingkan dengan metode konvensional. Siswa yang belajar menggunakan flash card menunjukkan peningkatan skor yang lebih tinggi pada posttest dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media flash card dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran konsep keadaan cuaca pada mata pelajaran bahasa indonesia di tingkat sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kemp, J. E., & Dayton, D. K. (1985). Planning And Producing Instructional Media. New York: Harper & Row.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory And Practice. Boston: Pearson Education.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta: Kencana.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.