Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik tentang Hubungan Nilai Sila di Dalam Kehidupan Sehari Hari pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas 2 SDN Pondok Cabe Ilir 01

Rian Farhan, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Penerapan nilai Pancasila dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dan dalam kehidupan sehari-hari merupakan tujuan dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan yuridis, historis, dan konseptual. Jenis dan sumber bahan hukum yang digunakan yaitu primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan literature research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar dijumpai kendala bahwa masih ada beberapa anak yang sulit dinasihati serta ada anak yang memiliki kebiasaan di luar sekolah yang kurang baik kemudian terbawa ke sekolah. Karena itu, seyogyanya sekolah harus mampu mengatasi kendala tersebut dengan terus melakukan pembiasaan, bimbingan, dan pembinaan kepada siswa serta menjalin kerjasama yang baik (sinergis) antara pihak sekolah dengan orangtua mereka.


Full Text:

PDF

References


Putri, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Dalam Kehidupan Sehari-Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter Pancasila. Makalah

Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(2).

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.

Sarwanto, J., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (2021). Implementasi nilai pancasila sila ketuhanan yang maha esa masa pembelajaran daring pada peserta didik sekolah dasar. JPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ