Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SDN Pondok Cabe Ilir 01

Shafa Zahara, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar matematika siswa kelas 3 SDN Pondok Cabe Ilir 01 yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, model Pembelajaran Teams Games Tournament dan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai bagaimana model pembelajaran Teams Games Tournament mempengaruhi minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes untuk menganalisis interaksi siswa, keterlibatan dalam kegiatan belajar, dan perubahan minat belajar mereka. Dalam pembelajaran luas dan keliling bangun datar matematika siswa kelas 3 SDN Pondok Cabe Ilir 01 masih banyak yang mengalami kesulitan terutama dalam menyelesaikan soal cerita. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan minat belajar matematika tersebut yaitu melalui implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap minat belajar siswa, selain itu model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Implikasi dari penelitian ini adalah disarankan guru matematika untuk mengadopsi model pembelajaran Teams Games Tournament sebagai salah satu strategi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Fauziyah, N., Octavriana, N., Ghufron, S., & Ratnawati, U. (2023). Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran Ubur-Ubur Fani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN Banyu Urip 2/365. National Conference For Ummah, 147-152.

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan . jurnal ilmiah pendidikan, 52-62.

kemendiknas. (2012). UU Sistem Pendidikan Nasional . Bandung: Fokusindo Mandiri: https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Lutfiyani, A. H. (2019). Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 142-148.

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 9118-9126.

Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-BIjian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02 . Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 163-170.

Rochmana, S., & Shobirin, M. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Benda dan Sifatnya. Elementary, 91-106.

Rusmiati, R. (2017). pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi, 21-36.

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Susunan Artikel Pendidikan, 45-53.

Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 93-196.

Yudianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 323-330


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ