Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Fun Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas I SDN Pondok Cabe Ilir 01

Sekar Ayu Amelia, Khaerunnisa Khaerunnisa, Sri Irnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran fun learning di kelas 1E, karena kelas 1 merupakan kelas penyesuaian dari tingkat Taman Kanak – kanak (TK) ke tingkat Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dari bulan februari – bulan maret 2024. Peneliti menggunakan model Kemmis & McTaggart yang teridiri dari 4 tahapan, yaitu: 1.) Perencanaan, 2.) Tindakan, 3.) Pengamatan, 4.) Refleksi. Penelitian ini melibatkan 25 peserta didik kelas 1E SDN Pondok Cabe Ilir 01. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di kelas 1 minat belajar peserta didik terhadap Pendidikan Pancasila masih sangat rendah karena penggunaan metode ceramah yang terkesan membosankan dan monoton, maka dari itu peneliti menggunakan metode fun learning yang mendaptkan hasil peningkatan minat belajar peserta didik. Pada siklus 1 presentase peserta didik yang mendaptkan nilai dibawah KKM sebesar 20% lalu pada siklus 2 mengalami pengurangan peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan presentase hanya 12%. Dapat disimpulkan bahwa untuk kelas 1 kegiatan belajar harus memiliki suasana yang menyenangkan dan nyaman agar peserta didik memiliki minat belajar yang baik.


Full Text:

PDF

References


Awiria, & Latifah, N. (2019). Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Samudra Biru.

Itriyah, & Annisa, K. (2023). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 435.

Lonto, A. L., Rattu, J., & Wua, T. D. (2023). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Sekolah (1 ed.). Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

M. D. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intara.

Mawardi. (2021). Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Samudra Biru.

Noril et all. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Fun Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Materi Hidup Rukun Kelas II SDN Telang 2. ALENA - Journal of Elementary Education, 108.

Pradana, B. F. (2022). PENGENALAN DAN PENERAPAN METODE FUN LEARNING DI ERA NEW NORMAL UNTUK MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR SISWA MI DI DESA PASUNGGINGAN. Prosiding Kampelmas, 301.

Rahmayani, W. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Swasta Kelas Tinggi Pada Mata Pelajar Matematika. Simpati, 56.

Salim, Karo, I. R., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ