Tingkat Kepekaan Bilangan (Number Sense) Siswa SD Islam Permata Nusantara Program Kampus Merdeka

Zulfitria Zulfitria, Ahmad Suryadi, Ririn Widiyasari, Esa Wahyu Djatmiko

Abstract


Number sense merupakan  cara pandang seseorang terhadap suatu bilangan beserta perhitungannya. Seseorang dengan number sense yang baik dapat menggunakan berbagai cara dan strategi untuk menyelesaikan persoalan yang rumit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepakaan bilangan (number sense), hal ini dikarenakan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan pengajaran matematika tradisional. Penelitian ini Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dimana data ditinjau dengan pendekatan kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian bahwa tingkat kepekaan bilangan (number sense) pada siswa SD Islam Permata Nusantara sudah mampu memahami arti dasar dari bilangan dan operasi, menggunakan patokan tepat, menilai kewajaran hasil, namun belum mampu  menyadari besarnya relatif dan mutlak suatu bilangan

Full Text:

PDF

References


Ariyana, I. K. S. (2021). Strategi Mengembangkan Kepekaan Bilangan ( Number Sense ) dan Berhitung pada Anak Usia Dini. 2, 109–118.

Dehaene, S. (1997). Number sense and DevelopmentDyscalculia. Cognitive Neuroimaging. Service Hospitalizer Frederic Joliot.

Fosnot, C.T., & Dolk, M. (2001). Young Mathematician at Work: Constructing Number sense addition, and substraction. NH: Heinemann.

G Burton. (1993). Number sense and operations. VA: NCTM.

Griffin, S. (2004). Building Number Sense, with Number Worlds: A Mathematics Program for Young Children. Early Chilhood Research Quarterly, 173–180.

Hadi, S. (2015). Number sense: berpikir fleksibel dan intuisi tentang bilangan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7.

McIntoish. (1997). Simple Effective Number sense Experiences Grade 6-8 Dale Seymour Publications.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Strategi Dan Tingkat Kepekaan Bilangan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Operasi Bilangan Bulat. Journal Pendidikan Matematika, 12(1), 15–28.

Souza, D. . (2008). How the brain learns mathematics. CA:Corwin Press.

Tobias, danzig. (1967). Number: The language of science. Free Press.

Tonra, W. S. (2016). Pembelajaran Number Sense Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Materi Pecahan. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 109–116.

Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ