Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Metode Card Sort

Muhamad Tirta Gunawan, Lutfi Lutfi

Abstract


Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca awal siswa, sehingga perlu dilakukan analisis kesulitan-kesulitan yang mempengaruhi kemampuan membaca awal siswa. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca, penerapan metode cart sort dan hasil yang dicapai guru dalam upaya meningkatkan siswa kelas 1 SD Dharma Karya UT dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan metode card sort, pembinaan kreativitas dan sebagai alternatif pembelajaran bahasa Indonesia. yang divariasi dengan metode card sort sehingga suasana kelas lebih menarik. Model desain yang dikembangkan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah model spiral dari satu siklus ke siklus berikutnya oleh Kemmis dan McTaggart, terdiri dari empat komponen yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 34 orang, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I diperoleh hasil belajar membaca awal siswa dengan skor rata-rata 67 dengan ketuntasan 79%. Hasil tindakan siklus II diperoleh hasil belajar membaca awal siswa dengan skor rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan 94%. Berdasarkan tujuan hasil penelitian dalam pembelajaran, bahwa penerapan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di SD Dharma Karya UT. Dengan metode ini guru dapat dengan mudah merangsang keaktifan siswa melalui kerjasama antar kelompok.


Full Text:

PDF

References


Afida, S. N. (2022). Peningkatkan kemampuan membaca melalui strategi card sort pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 MI Islamiyah Batokan Bojonegoro (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Andriani, R., Musa, M., & Samsu, S. (2022). Meningkatkan Pengenalan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar. Journal of Educational Research, 1(2), 237-252.

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–20.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 66-73.

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355-360.

Hasna, S. (2023). Penerapan Metode Card Sort Menggunakan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 4 Napabalano Kab. Muna. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 8(1), 1-13.

Hidayati, R., Suyitno, Y. P., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112-116.

Husnul. (2017). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520.

Laely, K. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan media kartu gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 300-319.

Lestari, A. W., & Indihadi, D. (2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ