Pengaruh Metode Bercakap-Cakap terhadap Kemampuan Bicara Anak Kelompok Usia 4-5 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode bercakap-cakap terhadap kemampuan bicara anak kelompok usia 4-5 tahun di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh kabupaten Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, yaitu Penelitian yang mengungkapkan bagaimana peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh. Dalam hal ini, fokus peneliti adalah tentang peran pendidik di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh. Dimana objeknya adalah para pendidik yang sekaligus menjadi narasumber dalam penelitian ini. Sedangkan sampel yang terpilih berjumlah 2 anak yang kriterianya ditentukan oleh peneliti, yakni anak-anak yang membutuhkan peran pendidik dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap.References
Hari Soetjiningsih Christiana. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Taman Kanak-kanak Akhir Jakarta : Prenada Media Group
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Rineka Cipta
Aisyah Sitti, dkk. 2007. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka
Dhieni Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka
Mulyati Yeti, dkk. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta : Universitas Terbuka
Nur Mustakim Muh. 2002. Metode Pengembangan Kemampuan Motorik Dan Bahasa. Makassar : FIP UNM
Sinring Abdullah. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar : FIP UNM