Pengaruh Metode Bercakap-Cakap terhadap Kemampuan Bicara Anak Kelompok Usia 4-5 Tahun

Salma Bahira Nazneen, Elnawati Elnawati, Herwina Bahar, Muhammad Ishaq Gery, Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode bercakap-cakap terhadap kemampuan bicara anak kelompok usia 4-5 tahun di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh kabupaten Sukabumi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif, yaitu Penelitian yang mengungkapkan bagaimana peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh. Dalam hal ini, fokus peneliti adalah tentang peran pendidik di RA Aisyiyah 2 Lebaksiuh. Dimana objeknya adalah para pendidik yang sekaligus menjadi narasumber dalam penelitian ini. Sedangkan sampel yang terpilih berjumlah 2 anak yang kriterianya ditentukan oleh peneliti, yakni anak-anak yang membutuhkan peran pendidik dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan berbicara anak melalui metode bercakap-cakap. 

Full Text:

PDF

References


Hari Soetjiningsih Christiana. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Taman Kanak-kanak Akhir Jakarta : Prenada Media Group

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Rineka Cipta

Aisyah Sitti, dkk. 2007. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka

Dhieni Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka

Mulyati Yeti, dkk. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta : Universitas Terbuka

Nur Mustakim Muh. 2002. Metode Pengembangan Kemampuan Motorik Dan Bahasa. Makassar : FIP UNM

Sinring Abdullah. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar : FIP UNM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ