Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menghubungkan Materi dalam Kehidupan Sehari-hari dengan Strategy Concept Attainment, Pendekatan Kontekstual, dan Metode Demokrasi
Abstract
Penulisan artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategy Concept Attainment, Metode Pembelajaran Demokrasi, dan Pendekatan Kontekstual dalam kegiatan belajar-mengajar Pendidikan Kewarganegaraan dan seberapa besar pengaruh dari strategi, metode, dan pendekatan di atas untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi pada kehidupan sehari-hari. Jenis artikel ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, jurnal harian, dan observasi lapangan. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah Kualitatif-Deskriptif-Naturalistik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 2.3 SD Dharma Karya UT. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik kelas 2.3 dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menghubungkan materi pada kehidupan sehari-hari dengan Strategy Concept Attainment, Metode Pembelajaran Demokrasi, dan Pendekatan Kontekstual dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun presentase peserta didik yang mendapat nilai Sangat Baik meningkat menjadi 51,7%, sedangkan Baik menjadi 44,8%. Dengan meningkatnya kemampuan peserta didik dalam melihat materi di kehidupan sehari-hari, diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal mereka untuk mengimplementasikan materi yang diajarkan di sekolah di kehidupan bermasyarakat.References
Yuniarto, B. (2020). Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Edueksos. 9(1), 56-64. Diakses dari
https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/edueksos/article/view/6388
Utami, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2), 50-54. Diakses dari
https://journal.actual-insight.com/index.php/lentera/article/view/978
Astuti, N. K. M. (2018). Concept Attainment Model untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bentuk Keputusan Bersama dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Suluh Pendidikan. 16(2), 133-146. Diakses dari
https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/suluh-pendidikan/article/view/22
Ningsih, S. D. (2018). Improving Learning Outcomes of Citizenship Subject Topic State Institution Through Concept Attainment Learning Model Application of Grade VI Students at SDN Tegal Besar 03 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember First Semester Academic Year 2013/2014. Jurnal Historica. Vol.2, 244-248. Diakses dari
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/8897
Mahadhir. (2015). Pengaruh Pencapaian Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Pkn Kelas V Sekolah Dasar. Diakses dari
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/9630/9430
Karyniah, M. A., Aini, K., Riswanda, J., Safitri, R. (2021). Review : Pencapaian Konsep Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2021. 138-140. Diakses dari
https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/675
Hasnidar, H., Elihami, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Murid Sekolah Dasar. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 42-44. Diakses dari
file:///C:/Users/auras/Downloads/327-Article%20Text-635-1-10-20200204.pdf
Sawitri, N. P. E. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pkn Kelas V SD Negeri 3 Sebatu Gianyar. Diakses dari
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/640
Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., Nasriah. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran Ppkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 7(1), 213-223. Diakses dari
https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4248
Arsa, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar PKN.
Sabri., Kholil, U., Ahmad, M. (2023). Validitas Buku Ajar dengan Pendekatan Kontekstual dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia. 6 (3) : 1043-1056. Diakses dari
https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/6629
Rosyid, Moh. (2006). Strategi Pembelajaran Demokratis. UPT UNNES Press, Semarang. Hlm.103. Diakses dari https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kordinat/article/view/21273
Olivtika. (2013). Pembelajaran yang Demokratis dan Model. Diakses dari http//www.olivtika.blogspot.co.id/pembelajaran-yang-demokratis-dan-model.html.
Setiawan, Heru. (2022). Metode Demokrasi dalam Pembelajaran Pendidikan. AKTUALITA Jurnal Penelitian dan Keagamaan. Vol.12. Diakses dari
https://www.ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/444
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN Pancasila dan Kewarganegaraan. 2(1). Diakses dari
https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPPKn/article/view/41752
Presetyo, A. H. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif. Jawa Barat: Penerbit Adab.