Penerapan Model Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1.2 SD Dharma Karya UT

Kesy Aksara, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan model Role Playing dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1.2 SD Dharma Karya UT. Model ini bertujuan untuk mengaktifkan keterlibatan siswa melalui peran-peran yang mereka mainkan dalam konteks pembelajaran nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yanag dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1.2 SD Dharma Karya UT sebanyak 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Role Playing secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memanfaatkan peran-peran dalam pembelajaran untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Asis Saefuddin dan Ika Bardiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Junaidah. (2022). Penerapan Metode Role Playing Dalam Proses Pembelajaran.. Diakses dari http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia.

Magdalena Ina, Ahmad Syaiful Haq, Fadlatul Ramdhan. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Diakses dari View of Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang (stitpn.ac.id).

Rafindra. (2023). Penerapan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Diakses dari repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32386/1/Rafindra%2C 160209096%2C FTK%2C PGMI%2C 081247543819.pdf.

Rahmawati Iyet. (2023). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas III SD. Diakses dari https://jurnalistiqomah.org/index.php/merdeka/article/view/432.

Riadi Muchlisin. (2019). Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing). Diakses dari Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) – KajianPustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ