Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media “Tutup Botol Alfabet” di TK Aisyiyah 3 Cipetir Sukabumi

Siti Salsabila, Dyah Lyesmaya, Diah Andika Sari, Muhammad Ishaq Gery, Anita Damayanti

Abstract


Di antara 6 aspek yang perlu dikembangkan anak, salah satu aspek penting yang harus dikembangkan sejak usia dini adalah perkembangan Bahasa. Perkembangan bahasa anak usia dini mengandung empat aspek keterampilan yaitu mendengar, berbicara, membaca, menulis. Diantara empat aspek keterampilan tersebut yang dibahas dalam penelitian ini adalah terkait kemampuan membaca anak. Urgensi kemampuan membaca seharusnya sudah dikenalkan sejak usia dini yang dimana merupakan masa keemasan seseorang. Kemampuan membaca pada anak usia dini disebut dengan istilah kemampuan membaca permulaan. Media tutup botol alfabet merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk membantu anak belajar mengenal huruf. Membaca permulaan melalui media tutup botol alfabet sangat penting untuk proses pembelajaran anak dalam mengenal huruf serta menyuarakannya, mengenal suku kata menjadi kata, mengenal huruf vokal dan konsonan. Kegiatan membaca permulaan di Kelompok B TK Aisyiyah 3 Cipetir Sukabumi menggunakan media tutup botol alfabet agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan dapat menarik perhatian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana praktik membaca permulaan dengan menggunakan media tutup botol alfabet ini dapat memengaruhi perkembangan membaca anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah 3 Cipetir Sukabumi yang berjumlah 11 orang anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap anak-anak serta wawancara dengan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan membaca permulaan yang dimulai sejak dini dapat signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca anak-anak. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya intervensi dini dalam pendidikan literasi anak. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya dukungan yang berkelanjutan dari keluarga dan pendidik untuk menciptakan lingkungan yang merangsang pembacaan sejak usia dini.


Full Text:

PDF

References


Dimyati, Johni. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Prenadamedia Group.

Resmini-Novi, Yayah-Churiyah & Nenden-Sundari. (2006). Membaca dan Menulis di SD, Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI Press.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini, Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Veptianingsih. (2019). Pengaruh Permainan Tutup Botol Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak. Diakses pada 28 Juni 2024, dari: http://eprintslib.ummgl.ac.id/123/1/12.0304.0031%20_%20BAB%20I%20_%20BAB%20II%20_%20BAB%20III%20_%20BAB%20V%20_%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Fauzah, Iftitahatul. (2022). Implementasi Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Pintar Dalam Mengembangkankognitif Anak Kelompok B Dira Ad-Dzikir Sumenep Maduratahun Pelajaran 2021/2022. Diakses pada 29 Juni 2024, dari: http://digilib.uinkhas.ac.id/17991/1/IFTITAHATUL%20FAUZAH_%20T20185038.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ