Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Nama Hewan dengan Bahasa Inggris dan Menggunakan Flash Cards Bergambar di TK Aisyiyah 3 Cipetir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengenal nama hewan dengan bahasa Inggris. Dan dapat memberikan stimulus visual yang membantu anak-anak Tk Aisyiyah 3 Cipetir mempelajari 2 bahasa yg terdapat dalam kartu tersebut. Serta memperluas penggunaan flash cards bergambar dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia (4-6 Tahun). Dan peningkatan kemampuan anak dalam mengenal nama hewan dalam bahasa Inggris. Pada siklus I, hanya 45% anak-anak yang dapat mengenali nama-nama hewan dengan benar dalam bahasa Inggris dan menggunakan kartu flash, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80% anak-anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcard dengan gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali nama-nama hewan dalam bahasa Inggris
Full Text:
PDFReferences
Anwar, C. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Cahyono, B. Y. & Widiati, U. (2006). The Teaching of EFL Vocabulary in the Indonesian Context: Some Strategies. TEFLIN Journal, 17(1), 1-18.
Gage, N.L dan Berliner, D.C. (1998). Pendidikan Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Harmer, J. (2007). How to Teach English. England: Pearson Education Limited.
Kurniati, E. (2011). Penerapan Media gambar Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Vokal Anak Kelompok A pada Guru PAUD SDIT Al-Mudarris Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-12.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.