Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV. 4 dengan Papan Bintang

Authors

  • Alustri Darmawati Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lutfi Lutfi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Meningkatkan Motivasi Belajar melalui penerapan metode pembelajaran papan bintang peserta didik kelas IV.4 SD Dharma Karya UT. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.4 SD Dharma Karya UT dengan jumlah peserta didik 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase jawaban angket motivasi peserta didik diperoleh hanya 16% peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, sedangkan 26% peserta didik memiliki motivasi belajar yang cukup, sedangkan terdapat 30% peserta didik yang kurang memiliki motivasi dalam belajar, dan 28% peserta didik yang tidak memiliki motivasi belajar. Peneliti melanjutkan penelitian hingga ke tahap siklus II dan memperoleh hasil persentase bahwa terdapat 29% peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, sedangkan 28% peserta didik memiliki motivasi belajar yang cukup, sedangkan terdapat 23% peserta didik yang kurang memiliki motivasi dalam belajar, dan 20% peserta didik yang tidak memiliki motivasi belajar. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada kelas IV.4 SD Dharma Karya UT

References

Aqib, Zainal., dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Elmirawati., Daharnis., & Syahniar. (2013). Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1), 2. Diakses dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/downloadSuppFile/871/11

Rahman, Arief Aulia., Khausar., Riyadi, Nanang. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal On Teacher Education. 4(2), 429-437. Diakses dari https://scholar.google.com/scholar?start=30&q=upaya+meningkatkan+motivasi+belajar+melalui+papan+reward&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1714450535542&u=%23p%3DV2WWuJWF6ikJ

Sabere, Kurniawan. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 53-61. Diakses dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/6606/6372

Supriani, Yuli., Ulfah., & Arifudin, Opan. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. 1(1), 1-10. Jurnal Al-Amar. Diakses dari https://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/90

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles