Analisis Penerapan Metode Ceramah dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Pemahaman Materi Peran Ekonomi dalam Menyejahterakan Masyarakat di Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Dharma Karya UT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode ceramah dalam memotivasi belajar siswa terhadap pemahaman materi peran ekonomi dalam menyejahterakan masyarakat di mata pelajaran IPS kelas V. Metode ceramah sering digunakan di lingkungan pendidikan sebagai salah satu metode pengajaran yang efektif. Namun, dampaknya terhadap pemahaman materi dan motivasi belajar siswa perlu dievaluasi lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik melalui observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan lebih antusias dan mampu meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi peran ekonomi dalam menyejahterakan masyarakat. Namun, penelitian juga menyoroti bahwa variasi dalam penyampaian ceramah dan interaksi siswa-siswa serta guru dapat memengaruhi efektivitas metode ceramah. Temuan ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pengajaran yang lebih baik di mata pelajaran IPS kelas V.3, terutama dalam konteks penerapan metode ceramah untuk memotivasi belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
M. Aditya Ramadhan. (2019). Metode ceraman untuk pembelajaran. Jurnal pendidikan
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i 1.3316
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.
Rikawati, K. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059
Kristiaty, Diny. Pengaruh metode ceramah dan dialog terhadap motivasi belajar. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 2021, 3.1: 21~ 30-21~ 30.
Saputra, Y. N., & Mendrofa, Y. S. D. (2021). Pengaruh penggunaan metode ceramah dan media slide presentasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja, 5(1), 105-121.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.