Pengaruh Media Pembelajaran Genially terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas 2.2 SD Dharma Karya UT

Ismiatul Hasanah, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media genially terhadap kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pecahan di kelas 2.2 SD Dharma Karya UT, serta untuk mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas 2.2. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media Genially. Pada tahap pra-siklus, ditemukan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pecahan sederhana. Siklus pertama menunjukkan peningkatan, meskipun masih terdapat kendala seperti kurangnya partisipasi siswa. Pada siklus kedua, peningkatan signifikan terlihat dalam pemahaman siswa, dengan sebagian besar mencapai tingkat pencapaian yang baik hingga sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Anas Salahudin. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pustaka Setia.

Astuti, A. D., Rahmawati, E., Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. (2022). Pendampingan Motivasi Belajar Melalui Media Genial Pasca Pandemi Covid Pada Siswa Smk Muhammadiyah2 WATES. 894–901.

Ni’mah, N. K., Warisman, & Hermiati. (2022). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media genially dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang. Metamorfosa, 1–10.

Renilda Ririn, & dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving. MATHEMA, Vol 3 No 1, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ