Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas III Sd Dharmakarya UT Pondok Cabe

Karima Tsania Husin, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini menggunakan fase perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dari model pembelajaran kelas Kemmis dan MC Taggart. Dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif yang mirip dengan Numbered Heads Together, penelitian ini mencoba untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas tiga SD Dharma Karya UT Pondok Cabe. Informasi mengenai konsentrasi belajar siswa dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi belajar siswa dapat dicapai dengan menerapkan paradigma pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Konsentrasi belajar siswa dapat meningkat sebesar 82,97% sebagai hasil dari penyesuaian ini.


Full Text:

PDF

References


Arinda Pratama Sari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Siswa Kelas V Improving Learning Concentration Through Nht Of 5 Th Students. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 14, 2019.

Dahliah. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Repository Unpas, 1.

Ikawati, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 186–193. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1567

Sari, L. P. (2017). … Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ipa Di Sma …. Avatara, 5(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/20314/18614

Susilowati. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika. 02(1), 36–46.

Yulianti, Indra Gunawan, E. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 399–408. https://doi.org/10.11606/issn.2176-7262.v47i3p301-307


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ